contoh
RENCANA
STRATEGIS ( RENSTRA )
TAHUN
: 2010 - 2014
Nama Sekolah : SDN 024 SEBULU
Alamat : Jl. Mulawarman RT 21 Desa Sumbersari
Kecamatan Sebulu
Kabupaten : KUTAI KARTANEGARA
A.
VISI , MISI DAN TUJUAN
Visi : “Prestasi Meningkat , Terampil , Berkepribadian”
Indikator :
a.
Berprestasi dalam bidang
akademik
b.
Berprestasi dalam bidang
olah raga
c.
Mengamalkan nilai – nilai
religi, etika dan estetika
d.
Terciptanya lingkungan
sekolah yang nyaman dan kondusif
e.
Kepercayaan masyarakat
meningkat.
Misi :
1.
Menciptakan iklim belajar yang kondusif
2.
Meningkatkan pengetahuan
dan ketrampilan dalam bidang akademi dan olahraga
3.
Meningkatkan profesionalisme guru .
4.
Meningkatkan kemampuan
dan ketrampilan kinerja sekolah
5.
Meningkatkan kerja sama
sekolah dengan masyarakat.
6.
Meningkatkan penghayatan
ajaran agama dan budaya bangsa.
7.
Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler.
Tujuan Sekolah :
1.
Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun
pelajaran 2010 / 2011 :
a.
Rata – rata jumlah nilai
ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 18,00
b.
Terlaksankannya kegiatan
belajar mengajar yang tertib .
c.
Lulusan memiliki
pengetahuan, ketrampilan tentang teknologi
Informasi.
d.
Semua guru dan staf telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai bidangnya
.
e.
Semua guru sudah berijazah S1
kependidikan .
f.
Mengotimalkan bantuan
finansial dari masyarakat dalam mendukung program sekolah.
g.
Terwujudnya kehidupan
yang dilandasi norma – norma agama dan
sosial.
2.
Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun
pelajaran 2011 / 2012 :
a.
Rata – rata jumlah nilai
ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 21,00
b.
Semua siswa melaksanakan sholat
dhuhur berjamaah bagi yg beragam islam
c.
Tidak ada lagi siswa yang
melanggar tata tertib .
d.
Terbentuknya team atau
kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran
disekolah .
3.
Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun
pelajaran 2012 / 2013 :
a.
Rata – rata jumlah nilai
ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 20,00
b.
Semua siswa melaksanakan
sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam islam .
c.
Tidak ada lagi siswa yang
melanggar tata tertib .
d.
Terbentuknya team atau
kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran
disekolah .
4.
Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun
pelajaran 2013 / 2014 :
a.
Rata – rata jumlah nilai
ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 24,00
b.
Semua siswa melaksanakan
sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam Islam .
c.
Tidak ada lagi siswa yang
melanggar tata tertib .
d.
Terbentuknya team atau
kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran
disekolah .
5.
Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun
pelajaran 2014 / 2015 :
a.
Rata – rata jumlah nilai
ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 27,00
b.
Semua siswa melaksanakan
sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam islam .
c.
Tidak ada lagi siswa yang
melanggar tata tertib .
d.
Terbentuknya team atau
kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran
disekolah .
B.
PROGRAM STRATEGI DALAM MENCAPAIAN TUJUAN
SEKOLAH
a. Terciptanya
disiplin dalam PBM untuk meningkatkan kemapuan guru sekaligus prestasi akademik
siswa.
b. Pelaksanaan pada
pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepak bola.
c. Penerapan
kedisiplinan, kesopanan, dan ketertiban.
d.
Penerapan nilai norma – norma agama dan
social.
C.
STRATEGI PELAKSANAAN
Ø Program Strategi 1 :
a.
Melengkapi adminitrasi PBM
b.
Mengaktikan MGMP sekolah
c.
Mengadaakan lomba antar kelas secara periodi
d.
Mengikuti lomba mata pelajaran tingkat
kabupten
Ø Program Strategi 2 :
a. Pemilihan siswa
berbakat dalam bidang olah raga sepak bola.
b. Tersusunnya
jadwal kegiatan latihan.
c. Mengadakan pertandingan
persahabatan antar SD lain.
d. Mengikuti lomba.
Ø Program Strategi 4 :
a. Tersedianya
peraturan sekolah yang dapat membatasi seluruh tindakan/perilaku siswa baik dalam kelas maupun luar kelas.
b. Sosialisasi peraturan
sekolah pada siswa.
c. Mempersiapkan
perangkat administrasi peraturan sekolah.
d. Menindak lanjuti
atas tindakan siswa yang melanggar peraturan sekolah.
e. Menyusun laporan
terhadap pelanggaran siswa untuk
disampaikan pada guru, wali kelas, orang tua/wali murid.
Ø Program Strategi 5 :
a. Menyusun program
kegiatan sholat dhuhur
b. Melaksanakan
kegiatan
c. Mengevaluasi
kegiatan.
D.
OUT PUT YANG DIHARAPKAN
a. Semua guru dapat
menerapkan kedisiplinan PBM, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik
berupa kenaikan prosentase kelulusan sebesar 5%
b. Menjadi juara 1
tingkat kecamatan untuk cabang olah raga sepak bola.
c. 80 % siswa
melaksanakan peratuaran sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang
melanggar.
d. 90 % siswa
melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.
e. 90 % masyarakat
percaya terhadap pelayanan sekolah.
E.
RENCANA PEMANTAUAN DAN EVALUASI
1. Terciptanya
disiplin dalam PBM untuk meningkatkan kemapuan guru sekaligus prestasi akademik
siswa.
ü Monitoring
dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü Adanya supervise
pada semua pengampu pelajaran
ü Evaluasi akhir
semester.
2. Pelaksanaan pada
pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepak bola.
ü Monitoring
dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi akhir
semester
3. Pelaksanaan pada
pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam ketrampilan computer.
ü Monitoring
dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi akhir
semester
4. Penerapan
kedisiplinan, kesopanan, dan ketertiban.
ü Monitoring
dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi akhir
semester
5.
Penerapan nilai norma – norma agama dan
social.
ü Monitoring
dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü
Evaluasi akhir semester
F. RENCANA
PEMANTAUAN DAN EVALUASI
1. Pemantauan
1.1.Pemantauan oleh Kepala Sekolah
1.1.1.
Dilakukan setiap minggu
1.1.2.
Anggaran kegiatan setiap minggu.
1.2.Pemantauan oleh Tim Pemantau
1.2.1.
Dilakukan setiap akhir bulan.
2. Evaluasi
2.1. Kegiatan
pada akhir semester dan akhir tahun pelajaran
2.2. Dilakukan
oleh Kepala Sekolah dan Tim Evaluator.
Sebulu
, Oktober 2010
Kepala
Sekolah
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
( RPS )
RENCANA OPERASIONAL ( RENOP )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Nama Sekolah : SDN 024 SEBULU
Alamat : Jl. MULAWARMAN
DESA SUMBERSARI KECAMATAN SEBULU
KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
A.
Sasaran / Tujuan situasional 1 Tahun
1. Semua guru dapat
menerapkan kedisiplinan PBM, untuk
meningkatkan prestasi siswa.
2. Terbentukanya
team sepak bola yang terorganisir dengan baik.
3. 75 % siswa
melaksanakan peraturan sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang melanggar.
4. 90 % siswa
melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.
B.
Identifikasi masing – masing fungsi /
komponen yang menunjang sasaran
1. Sasaran 1 : Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan
PBM, untuk meningkatkan prestasi siswa
(a) Fungsi belajar
mengajar
1.
Factor internal
·
Keragaman metode mengajar
·
Kedisiplinan siswa
·
Hubungan siswa dengan guru
·
Penggunaan waktu
2.
Factor Eksternal
·
Kesiapan siswa
·
Dukungan orang tua
·
Lingkungan social dan fisik sekolah
(b) Fungsi ketenagaan
1.
Factor Internal
· Jumlah guru
· Kualifikasi guru
· Kompetensi guru
· Kesesuaian
pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
· Beban mengajar
guru
· Monitoring
program
2.
Factor Eksternal
· Pengalaman
mengajar
· Kesiapan mengajar
· Dedikasi guru
terhadap siswa
· Pengembangan
profesi guru
(c) Fungsi kurikulum
1.
Factor Internal
·
Kelengkapan administrasi
·
Penguasaan kurikulum
·
Penguasaan metode pembelajaran
·
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
· Dukungan kepala
Sekolah
· Dukungan Dinas
terkait
(d) Fungsi sarana
prasarana
1.
Factor Internal
·
Jumlah ruang kelas
·
Ruang laboratorium
·
Jumlah alat / media pembelajaran
·
Ruang ketrampilan
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Lingkunag social
masyarakat
· Bantuan alat/
media pembelajaran dari dinas terkait
(e) Fungsi Kesiswaan
1.
Factor Internal
·
Kesiapan siswa
·
Motivasi siswa
·
Kedisiplinan siswa
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Dukungan
lingkunga sekitar sekolah.
· Tempat tinggal
siswa
(f) Fungsi biaya
1.
Factor Internal
·
Kesediaan dana dari sekolah
2.
Factor Eksternal
· Sumber dana lain
2. Sasaran 2 :
Memiliki team sepak bola yang terorganisir dengan baik
(a) Fungsi ketenagaan
1.
Factor Internal
· Guru /pelatih
· Kualifikasi
guru/pelatih
· Kompetensi guru/
pelatih
· Beban melatih
guru/pelatih
· Motivasi guru/pelatih
· Monitoring
program
2.
Factor Eksternal
· Pengalaman
mengajar/melatih
· Kesiapan mengajar/melatih
· Pengembangan
profesi pelatih
(b) Fungsi kurikulum
1.
Factor Internal
·
Kelengkapan administrasi
·
Penguasaan kurikulum
·
Penguasaan metode pelatihan.
·
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
· Dukungan kepala
Sekolah
· Dukungan Dinas
terkait
(c) Fungsi sarana
prasarana
1.
Factor Internal
·
Jumlah bola kaki
·
Jumlah seragam
·
Jumlah buku teori / penunjang
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Lingkunag social
masyarakat
· Dukungan instansi
terkait
(d) Fungsi Kesiswaan
1.
Factor Internal
·
Kesiapan siswa
·
Motivasi siswa
·
Kedisiplinan siswa
·
Bakat dan minat siswa
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Dukungan
lingkunga sekitar sekolah.
· Tempat tinggal
siswa
(e) Fungsi biaya
1.
Factor Internal
·
Kesediaan dana dari sekolah
2.
Factor Eksternal
· Sumber dana lain
3. Sasaran 3 : 65 %
Siswa mampu menguasai IT dengan terampil dan benar
(a) Fungsi belajar
mengajar
1. Factor internal
·
Keragaman metode mengajar
·
Kedisiplinan siswa
·
Hubungan siswa dengan guru
·
Penggunaan waktu
2. Factor Eksternal
·
Kesiapan siswa
·
Dukungan orang tua
·
Lingkungan social dan fisik sekolah
(b) Fungsi ketenagaan
1.
Factor Internal
· Guru pembimbing
· Kualifikasi guru/pembimbing
· Kompetensi guru/pembimbing
· Kesesuaian
pendidkan guru/pembimbing dengan mata pelajaran yang diampu
· Beban mengajar
guru/pembimbing
· Monitoring
program
2.
Factor Eksternal
· Pengalaman
mengajar/pembimbing
· Kesiapan mengajar/pembimbing
· Dedikasi guru/pembimbing
terhadap siswa
·
Pengembangan profesi guru/pembimbing
(c)
Fungsi kurikulum
1.
Factor Internal
·
Kelengkapan administrasi
·
Penguasaan kurikulum
·
Penguasaan metode pembelajaran
·
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
· Dukungan kepala
Sekolah
· Dukungan Dinas
terkait
(d)
Fungsi sarana prasarana
1.
Factor Internal
·
Jumlah ruang kelas
·
Ruang laboratorium
·
Jumlah alat / media pembelajaran
·
Ruang ketrampilan
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Lingkunag social
masyarakat
· Bantuan alat/
media pembelajaran dari dinas terkait
(e) Fungsi Kesiswaan
1.
Factor Internal
·
Kesiapan siswa
·
Motivasi siswa
·
Kedisiplinan siswa
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Dukungan
lingkungan sekitar sekolah.
· Tempat tinggal
siswa
(f) Fungsi biaya
1.
Factor Internal
·
Kesediaan dana dari sekolah
2.
Factor Eksternal
· Sumber dana lain
4. Sasaran 4 : 75 %
siswa melaksanakan peraturan sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang melanggar.
(a) Fungsi ketenagaan
1. Factor Internal
· Jumlah guru
· Kualifikasi guru
· Kompetensi guru
· Kesesuaian
pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
· Beban mengajar
guru
· Monitoring progra
2. Factor Eksternal
· Pengalaman
mengajar
· Kesiapan mengajar
· Dedikasi guru
terhadap siswa
· Pengembangan
profesi guru
(b) Fungsi kurikulum
1.
Factor Internal
·
Kelengkapan administrasi
·
Penguasaan kurikulum
·
Penguasaan metode pembelajaran
·
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
· Dukungan kepala
Sekolah
· Dukungan Dinas
terkait
(c) Fungsi sarana
prasarana
1.
Factor Internal
·
Jumlah ruang kelas
·
Ruang laboratorium
·
Jumlah alat / media pembelajaran
·
Ruang ketrampilan
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Lingkunag social
masyarakat
· Bantuan alat/
media pembelajaran dari dinas terkait
(d) Fungsi Kesiswaan
1.
Factor Internal
·
Kesiapan siswa
·
Motivasi siswa
·
Kedisiplinan siswa
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Dukungan
lingkunga sekitar sekolah.
· Tempat tinggal
siswa
(e) Fungsi biaya
1.
Factor Internal
·
Kesediaan dana dari sekolah
2.
Factor Eksternal
· Sumber dana lain
5. Sasaran 5 : 90 %
siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang
dianutnya.
(a) Fungsi ketenagaan
3.
Factor Internal
· Jumlah guru
· Kualifikasi guru
· Kompetensi guru
· Kesesuaian
pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
· Beban mengajar
guru
· Monitoring
program
4.
Factor Eksternal
· Pengalaman
mengajar
· Kesiapan mengajar
· Dedikasi guru
terhadap siswa
· Pengembangan
profesi guru
(b) Fungsi kurikulum
1.
Factor Internal
·
Kelengkapan administrasi
·
Penguasaan kurikulum
·
Penguasaan metode pembelajaran
·
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
· Dukungan kepala
Sekolah
· Dukungan Dinas
terkait
(c)
Fungsi sarana prasarana
1.
Factor Internal
·
Jumlah ruang kelas
·
Ruang laboratorium
·
Jumlah alat / media pembelajaran
·
Ruang ketrampilan
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Lingkunag social
masyarakat
· Bantuan alat/
media pembelajaran dari dinas terkait
(d) Fungsi Kesiswaan
1.
Factor Internal
·
Kesiapan siswa
·
Motivasi siswa
·
Kedisiplinan siswa
2.
Factor Eksternal
· Dukungan orang
tua
· Dukungan
lingkunga sekitar sekolah.
· Tempat tinggal
siswa
(e) Fungsi biaya
1.
Factor Internal
·
Kesediaan dana dari sekolah
2.
Factor Eksternal
· Sumber dana lain
C.
Analisa SWOT
Analisa
SWOT dilakukan untuk mengenal tingkat kesiapan fungsi dari sasaran yang telah
ditetapkan. Lebih jelasnya dapat dlibat
pada table dibawah ini :
No
|
Fungsi dan Faktor
|
Kreteria Kesiapan
|
Tingkat Kesiapan
|
||
Kondisi Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Siap
|
Tidak
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Fungsi Belajar Mengajar
1.
Factor internal
»
Keragaman metode mengajar
»
Kedisiplinan siswa
»
Hubungan siswa dengan guru
»
Penggunaan waktu
»
Pemberdayaan siswa
2.
Factor Eksternal
»
Kesiapan siswa
»
Dukungan orang tua
»
Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi
ketenagaan
1. Factor
Internal
»
Jumlah guru
»
Kualifikasi guru
»
Kompetensi guru
»
Kesesuaian pendidkan guru dengan mata
pelajaran yang diampu
»
Beban mengajar guru
»
Monitoring program
2.
Factor Eksternal
»
Pengalaman mengajar
»
Kesiapan mengajar
»
Dedikasi guru terhadap siswa
»
Pengembangan profesi guru
Fungsi kurikulum
1. Factor Internal
»
Kelengkapan administrasi
»
Penguasaan kurikulum
»
Penguasaan metode pembelajaran
»
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
»
Dukungan kepala Sekolah
»
Dukungan Dinas terkait
Fungsi
sarana prasarana
1. Factor Internal
»
Jumlah ruang kelas
»
Ruang laboratorium
»
Jumlah alat / media pembelajaran
»
Ruang ketrampilan
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Lingkunag social masyarakat
»
Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas
terkait
Fungsi
Kesiswaan
1. Factor Internal
»
Kesiapan siswa
»
Motivasi siswa
»
Kedisiplinan siswa
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»
Tempat tinggal siswa
Fungsi
biaya
1. Factor Internal
»
Kesediaan dana dari sekolah
2. Factor
Eksternal
»
Sumber dana lain
|
Beraneka ragam
Disiplin
Baik
Efektif
Optimal
Siap
Mendukung
Memadai
Tiap mapel
100% pendidik S1
100% kompeten
100% Sesuai
Rata –rata 18 jam
Terprogram
Minimal 2 tahun
Siap
Tinggi
Diklat
Lengkap
Menguasai
Berfariasi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada memadai
Memadai
Ada
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Siap
Tinggi
Disiplin
Mendukung
Mendukung
Terjangkau
Tersedia
Ada
|
Kurang beraneka
Cukup
Baik
Efektif
Cukup
Sedang
Cukup
Cukup memadai
Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai
Rata2 16 jam pel
Ada & terprogram
100 % lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi
Belum merata
Kurang lengkap
Cukup
Kurang berfariasi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada kurang memadai
Belum ada
Mendukung
Mendukung
Cukup mendukung
Cukup
Rendah
Cukup
Cukup
Cukup
Terjangkau
Cukup
Cukup
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
Sasaran 2 : Memiliki
sebuah team sepak bola yang terorganisir dengan baik
No
|
Fungsi dan Faktor
|
Kreteria Kesiapan
|
Tingkat Kesiapan
|
||
Kondisi Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Siap
|
Tidak
|
||
1
2
3
4
5
|
Fungsi
ketenagaan
1. Factor
Internal
»
Guru/ Pelatih
»
Kualifikasi guru/pelatih
»
Kompetensi guru/pelatih
»
Beban mengajar guru/pelatih
»
Monitoring program
2.
Factor Eksternal
»
Pengalaman mengajar/pelatih
»
Kesiapan mengajar
»
Dedikasi pelatih terhadap siswa
»
Pengembangan profesi pelatih
Fungsi
kurikulum
1.
Factor Internal
»
Kelengkapan administrasi
»
Penguasaan kurikulum
»
Penguasaan metode pembelajaran
»
Pelaksanaan evaluasi
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan kepala Sekolah
»
Dukungan Dinas terkait
Fungsi
sarana prasarana
1. Factor Internal
»
Jumlah bola kaki
»
Jumlah seragam
»
Jumlah buku teori
»
Lapangan sepak bola
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Lingkungan social masyarakat
»
Dukungan instansi terkait
Fungsi
Kesiswaan
1. Factor Internal
»
Kesiapan siswa
»
Motivasi siswa
»
Kedisiplinan siswa
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»
Tempat tinggal siswa
Fungsi
biaya
1. Factor Internal
»
Kesediaan dana dari sekolah
2. Factor
Eksternal
»
Sumber dana lain
|
Ada
Pend. S1
Mampu melatih
18 jam pel
Ada dan terprogram
Minimal 5 tahun
Siap
Tinggi
Pendidikan dan pelatihan
Lengkap
Menguasai
Menguasai
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Memadai
Memadai
Memadai
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Siap
Tinggi
Disiplin
Mendukung
Mendukung
Terjangkau
Tersedia
ada
|
Ada
Ada
Cukup
12 jam Pel
Cukup
4 tahun
Cukup siap
Cukup
Penataran
Ada, kurang
Cukup
Cukup
Ada
Mendukung
Mendukung
Memadai
Kurang
Kurang
Belum memadai
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Cukup
Cukup
Cukup
Mendukung
Mendukung
Terjangkau
Cukup
Tidak ada
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
|
Sasaran 3 : 75 % Siswa melaksanakan
peraturan Sekolah
No
|
Fungsi dan Faktor
|
Kreteria Kesiapan
|
Tingkat Kesiapan
|
||
Kondisi Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Siap
|
Tidak
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Fungsi Belajar Mengajar
1.
Factor internal
»
Keragaman metode mengajar
»
Kedisiplinan siswa
»
Hubungan siswa dengan guru
»
Penggunaan waktu
»
Pemberdayaan siswa
2.
Factor Eksternal
»
Kesiapan siswa
»
Dukungan orang tua
»
Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi
ketenagaan
1.
Factor Internal
»
Jumlah guru
»
Kualifikasi guru
»
Kompetensi guru
»
Kesesuaian pendidkan guru dengan mata
pelajaran yang diampu
»
Beban mengajar guru
»
Monitoring program
2.
Factor Eksternal
»
Pengalaman mengajar
»
Kesiapan mengajar
»
Dedikasi guru terhadap siswa
»
Pengembangan profesi guru
Fungsi kurikulum
1. Factor Internal
»
Kelengkapan administrasi
»
Penguasaan kurikulum
»
Penguasaan metode pembelajaran
»
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
»
Dukungan kepala Sekolah
»
Dukungan Dinas terkait
Fungsi
sarana prasarana
1. Factor Internal
»
Jumlah ruang kelas
»
Ruang laboratorium
»
Jumlah alat / media pembelajaran
»
Ruang ketrampilan
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Lingkunag social masyarakat
»
Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas
terkait
Fungsi
Kesiswaan
1. Factor Internal
»
Kesiapan siswa
»
Motivasi siswa
»
Kedisiplinan siswa
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»
Tempat tinggal siswa
Fungsi
biaya
1. Factor Internal
»
Kesediaan dana dari sekolah
2. Factor
Eksternal
»
Sumber dana lain
|
Beraneka ragam
Disiplin
Baik
Efektif
Optimal
Siap
Mendukung
Memadai
Tiap mapel
100% pend S1
100% kompeten
100% Sesuai
Rata –rata 18
Terprogram
Minimal 2 tahun
Siap
Tinggi
Diklat
Lengkap
Menguasai
Berfariasi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada memadai
Memadai
Ada
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Siap
Tinggi
Disiplin
Mendukung
Mendukung
Terjangkau
Tersedia
Ada
|
Kurang beraneka
Cukup
Baik
Efektif
Cukup
Sedang
Cukup
Cukup memadai
Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai
Rata rata 24 jam
Ada & terprogram
lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi
Belum merata
Kurang lengkap
Cukup
Kurang berfariadi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada kurang memadai
Belum ada
Mendukung
Mendukung
Cukup mendukung
Cukup
Rendah
Cukup
Cukup
Cukup
Terjangkau
Cukup
Cukup
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
√
√
|
Sasaran 5 : 80 % Siswa melaksanakan ibadah menurut agamanya
baik di sekolah maupun dirumah.
No
|
Fungsi dan Faktor
|
Kreteria Kesiapan
|
Tingkat Kesiapan
|
||
Kondisi Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Siap
|
Tidak
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Fungsi Belajar Mengajar
1.
Factor internal
»
Keragaman metode mengajar
»
Kedisiplinan siswa
»
Hubungan siswa dengan guru
»
Penggunaan waktu
»
Pemberdayaan siswa
2.
Factor Eksternal
»
Kesiapan siswa
»
Dukungan orang tua
»
Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi
ketenagaan
1.
Factor Internal
»
Jumlah guru
»
Kualifikasi guru
»
Kompetensi guru
»
Kesesuaian pendidkan guru dengan mata
pelajaran yang diampu
»
Beban mengajar guru
»
Monitoring program
2.
Factor Eksternal
»
Pengalaman mengajar
»
Kesiapan mengajar
»
Dedikasi guru terhadap siswa
»
Pengembangan profesi guru
Fungsi
kurikulum
1. Factor Internal
»
Kelengkapan administrasi
»
Penguasaan kurikulum
»
Penguasaan metode pembelajaran
»
Pelaksanaan evaluasi
2.
Factor Eksternal
»
Dukungan kepala Sekolah
»
Dukungan Dinas terkait
Fungsi
sarana prasarana
1. Factor Internal
»
Jumlah ruang kelas
»
Ruang laboratorium
»
Jumlah alat / media pembelajaran
»
Ruang ketrampilan
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Lingkunag social masyarakat
»
Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas
terkait
Fungsi
Kesiswaan
1. Factor Internal
»
Kesiapan siswa
»
Motivasi siswa
»
Kedisiplinan siswa
2. Factor
Eksternal
»
Dukungan orang tua
»
Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»
Tempat tinggal siswa
Fungsi
biaya
1. Factor Internal
»
Kesediaan dana dari sekolah
2. Factor
Eksternal
|
Beraneka ragam
Disiplin
Baik
Efektif
Optimal
Siap
Mendukung
Memadai
Tiap mapel
100% pend S1
100% kompeten
100% Sesuai
Rata –rata 18
Terprogram
Minimal 2 tahun
Siap
Tinggi
Diklat
Lengkap
Menguasai
Berfariasi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada memadai
Memadai
Ada
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Siap
Tinggi
Disiplin
Mendukung
Mendukung
Terjangkau
Tersedia
Ada
|
Kurang beraneka
Cukup
Baik
Efektif
Cukup
Sedang
Cukup
Cukup memadai
Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai
Rata rata 24 jam
Ada dan terprogram
lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi
Belum merata
Kurang lengkap
Cukup
Kurang berfariasi
Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung
Memadai
Ada kurang memadai
Belum ada
Mendukung
Mendukung
Cukup mendukung
Cukup
Rendah
Cukup
Cukup
Cukup
Terjangkau
Cukup
Cukup
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
D.
Identifikasi masalah dan Pemecahannya
Dari
analisis SWOT tersebut dapat ditemukan masalah – masalah sebagai berikut dan
cara penyelesainnya.
No
|
Sasaran
|
Persoalan
|
Pemecahan
|
1
|
Sasaran 1
|
||
Keragaman metode mengajar
|
Kurang bervariasi
|
Mengikuti MGMP
|
|
Jumlah guru
|
Cukup
|
Diampu guru yang serumpun
|
|
Pengembangan profesi guru
|
Belum merata
|
Work shop Guru
|
|
Kelengkapan administrasi
|
Kurang
|
Melengkapinya
|
|
Penguasaan metode
|
Kurang
|
Aktif dalam MGMP
|
|
Ruang lab
|
Kurang memadai
|
Perlu pembenahan
|
|
Jumlah media pembelajaran
|
Kurang
|
Usul droping
|
|
Jumlah buku pelajaran
|
Kurang
|
Mencari di BSE ( internet )
|
|
Ruang ketrampilan
|
Belum ada
|
Usuk pembuatan
|
|
2
|
Sasaran
2
|
||
Pengalaman mengajar/melatih
|
Kurang dari 5 tahun
|
Mencari pelatih yang pengalaman
|
|
Pengembangan profesi pelatih
|
Belum
|
Mengirim peserta diklat
|
|
Kelengakapan administrasi
|
Ada, kurang
|
Melengkapi administrasi
|
|
Jumlah seragam
|
Ada, kurang memadai
|
Usul penambahan
|
|
Jumlah buku teori
|
Kurang memadai
|
Usul droping
|
|
Lapangan sepak bola
|
Belum memadai
|
Usul pengadaan
|
|
3
|
Sasaran
3
|
||
Keragaman metode mengajar
|
Kurang beraneka
|
Pengaktifan MGMP
|
|
Pengembangan profesi guru
|
Belum
|
Mengirim peserta diklat
|
|
Kelengkapan administrasi
|
Ada, kurang lengkap
|
Melengkapi administrasi
|
|
Jumlah Buku teori/ penunjang
|
Kurang memadai
|
Usul droping
|
|
Buku teori
|
Kurang
|
Usul droping
|
|
4
|
Sasaran
4
|
||
Pengalaman mengajar/membimbing
|
Kurang dari 5 tahun
|
Membantu dalam setiap kegiatan
|
|
Pengembangan profesi guru
|
Belum
|
Mengirim peserta diklat
|
|
Kelengkapan administrasi
|
Ada kurang, lengkap
|
Melengkapi administrasi
|
|
5
|
Sasaran
5
|
||
Pengalaman mengajar
|
Kurang dari 5 tahun
|
Membantu dalam setiap kegiatan
|
|
Pengembangan profesi guru
|
Belum
|
Mengirim peserta diklat
|
|
Kelengkapan administrasi
|
Ada kurang, lengkap
|
Melengkapi administrasi
|
E.
Rencana dan Program Sekolah
Sasaran 1 : Semua guru menerapkan kedisplinan dalam
PBM untuk meningkatkan prestasi siswa
Rencana Kegiatan
1 : Melengkapi Administrasi PBM
Program :
1.
Penyusunan jadwal penyusunan administrasi PBM
2.
Penyusunan perangkat KBM ( Prota, Promes, Silabusm, Pemetaan, RPP
dan system penilaian )
Rencana Kegiatan 2 : Mengaktipan MGMP Sekolah
Program :
1.
Pengiriman peserta MGMP ke tingkat Kabupaten
2.
Penyusunan Program MGMP tingkat Sekolah
3.
Pelaksanaan MGMP tingkat Sekolah
4.
Pelaporan dan tindak lanjut
Rencana Kegiatan
3 : Mengadaan lomba mata pelajaran antar siswa antar kelas secara periodic.
Program :
1. Pembentukan Panitia lomba
2. Penyusunan mater lomba
3. Pelaksanaan lomba
4. Pengumuman hasil lomba dan penghargaan
bagi peserta terbaik
Rencana Kegiatan 4
: mengikuti lomba mata pelajaran tingkat
kabupaten
Program :
1.
Pembentukan panitia seleksi
2.
Penyusunan jadwal seleksi lomba tingkat sekolah
3.
Pelaksanaan lomba tingkat sekolah
4.
Pengiriman peserta lomba.
Sasaran 2 : Memiliki
sebuah tim sepak bola yang terorganisir dengan baik .
Rencana Kegiatan 1 : Pemilihan siswa berbakat dalam bidang olah raga sepak bola
Program :
1.
Pembentukan tim seleksi
2.
Penyusunan jadwal seleksi
3.
Pendaftaran siswa yang mengikuti seleksi pembentukan tim sepak bola
4.
Pelaksanaan seleksi
5.
Pengumuman seleksi
Rencana Kegiatan
2 : Pengadaan sarana dan Prasaran Olahraga Sepak
bola
Program :
1.
Identifikasi kebutuhan sarana dan prasaran olah raga sepak bola (
bola, kostum, dan buku teori sepak bola)
2.
Pembentukan tim belanja
3.
Pembelian bola kaki,
kostum, dan buku teori sepakbola
Rencana Kegiatan
3 : Penyusunan jadwal latihan
Program :
1.
Penyusunan jadwal latihan
Rencana Kegiatan 4 : latihan Intensif , try out dan mengikuti lomba artau kejuaraan
Program :
1. Penyusunan jadwal latihan
2. Mendatangkan pelatih
3. Pelaksanaan latihan rutin ( 2 x
seminggu )
4. Pelaksanaan uji coba
5. Mengikuti lomba
6. Evaluasi
Rencana Kegiatan
5 : Mengadakan latih tanding
Program :
1. Menentukan lawan latih tanding
2. Mengirim undangan latihan persahabatan
3. Pelaksanaan latih tanding
4. Evaluasi
Rencana Kegiatan
6 : Mengikuti lomba kejuaraan
Program :
1. Pembentukan panitia seleksi
2. Penyusunan jadwal seleksi
3. Pengirim,an peserta lomba
Sasaran 3 : Semua
siswa sudah mampu mengoperasikan IT dengan benar
Rencana Kegiatan 1 : Pengadaan perangkat IT
Program :
1. Pembentukan Tim computer
2. Identifikasi Kebutuhan ( computer,
Jaringan Internet, LAN, Instalsi Kelistrikan )
3. Pengadaan Perangkat
4. Pelaksanaan uji kompetensi
Rencana Kegiatan 2 : Latihan , Pemiliharaan dan
uji kompetensi
Program :
1. Penyusunan jadwal
2. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
3. Pelaksanaan kegiatan pemeliharaan
4. Pelaksanaan uji kompetensi
Sasaran 4 : 75 % Siswa
melaksanakan peraturan Sekolah
Rencana Kegiatan 1 : Rencana Pembentuak Peraturan Sekolah
Program :
1.
Pembentukan tim Penyusunan peraturan sekolah
2.
Revisi draf peraturan yang sudah ada
3.
Penyusunan Peraturan sekolah
4.
Penyerahan Peraturan Sekolah kepada Kepala Sekolah
5.
Penyusunan jadwal Sosialisasi
6.
Pelaksanaan Sosialisasi
Rencana Kegiatan 2 : Implementasi tindakan siswa
Program :
1. Pembentukan Tim Identifikasi dan
penanganan
2. Penyusunan program
penanganan/penyelesaian
3. Sosialisasi program
4. Pelaksanaan Program tindakan
5. Evaluasi pelaksanaan
6. Pelaporan secara periodik
Sasaran 5 : 80 % Siswa melaksanakan
ibadah menurut agamanya baik di sekolah maupun dirumah.
Rencana Kegiatan 1 : Persiapan
Program :
1. Pembentukan tim kegiatan keagamaan
2. Identifikasi kegiatan keagamaan
3. Penyusunan administrasi pendukung
kegiatan
4. Sosialisasi Program
Rencana Kegiatan 1 : Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan
Program :
1. Penyusunan program dan jadwal kegiatan
2. Pelaksanaan Program kegiatan
3. Evaluasi dan tindak lanjut
4. Pelaporan rutin
F.
Out put yang diharapkan.
1.
Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan PBM,
sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik siswa
2.
Memiliki sebuah Tim sepak bola yang
terorganisir dengan baik.
3.
Semua Siswa mampu menguasai IT dengan terampil
dan benar.
4.
80 % siswa melaksanakan peratuaran sekolah
5.
90 % siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan
di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.
G.
Rencana
Pemantauan dan Evaluasi
1. Pelaksanaan
kedisplinan dalam PBM untuk meningkatkan kemampuan guru sekaligus prestasi
akademik siswa.
ü Monitoring
dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi
dilaksanakan setiap akhir semester
2. Pelaksanaan pada
pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepakbola
ü Monitoring
dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi
dilaksanakan setiap akhir semester
3. Pelaksanaan pada
pelatihan terpadu untuk meningkatkan siswa dalam ketrampilan computer dan IT
ü Monitoring
dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi
dilaksanakan setiap akhir semester
4. Penerapan
kedisplinan dalam peraturan sekolah
ü Monitoring
dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi
dilaksanakan setiap akhir semester
5. Penerapan nilai –
nilai keagamaan dalam setiap kegiatan
ü Monitoring
dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü Evaluasi
dilaksanakan setiap akhir semester
Sebulu, Agustus 2010
Tim
Penyusun
H.
PENANGGUNG JAWAB
1.
Penanggungjawab Program Sekolah :
Kepala Sekolah
2.
Koordinator Pelaksana Program : Wakil Kepala Sekolah
3.
Bendahara program : Bendahara
Komite
4.
Penanggungjawab sasaran
a.
Sasaran 1 :
b.
Sasaran 2 :
c.
Sasaran 3 :
d.
Sasaran 4 :
e.
Sasaran 5 :
Sebulu, Agustus 2010
Mengetahui
Komite Sekolah Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar