Tayangan halaman minggu lalu

Rabu, 29 Februari 2012

RENSTRA MBS

contoh
RENCANA STRATEGIS ( RENSTRA )
TAHUN : 2010 - 2014


Nama Sekolah                 :    SDN 024 SEBULU
Alamat                             :    Jl. Mulawarman RT 21 Desa Sumbersari Kecamatan Sebulu
Kabupaten                       :    KUTAI KARTANEGARA

A.      VISI , MISI DAN TUJUAN
            Visi               : “Prestasi Meningkat , Terampil , Berkepribadian”
            Indikator :
a.      Berprestasi dalam bidang akademik
b.      Berprestasi dalam bidang olah raga
c.       Mengamalkan nilai – nilai religi, etika dan estetika
d.      Terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif
e.      Kepercayaan masyarakat meningkat.
            Misi              :
1.        Menciptakan iklim belajar  yang kondusif
2.        Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang akademi dan olahraga
3.        Meningkatkan profesionalisme guru .
4.        Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kinerja sekolah
5.        Meningkatkan kerja sama sekolah dengan masyarakat.
6.        Meningkatkan penghayatan ajaran agama dan budaya bangsa.
7.        Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler.
            Tujuan  Sekolah           :    
1.            Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun pelajaran 2010 / 2011 :
a.        Rata – rata jumlah nilai ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 18,00
b.        Terlaksankannya kegiatan belajar mengajar yang tertib .
c.         Lulusan memiliki pengetahuan, ketrampilan tentang teknologi Informasi.
d.        Semua guru dan staf telah  mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai bidangnya .
e.        Semua guru sudah berijazah  S1  kependidikan .
f.          Mengotimalkan bantuan finansial dari masyarakat dalam mendukung program sekolah.
g.        Terwujudnya kehidupan yang dilandasi  norma – norma agama dan sosial.  
   
2.             Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun pelajaran  2011 / 2012 :
a.      Rata – rata jumlah nilai ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 21,00
b.      Semua siswa melaksanakan sholat dhuhur berjamaah bagi yg beragam islam
c.      Tidak ada lagi siswa yang melanggar tata tertib .
d.      Terbentuknya team atau kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran disekolah .
3.             Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun pelajaran  2012 / 2013 :
a.        Rata – rata jumlah nilai ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 20,00
b.        Semua siswa melaksanakan sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam islam .
c.         Tidak ada lagi siswa yang melanggar tata tertib .
d.        Terbentuknya team atau kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran disekolah .

4.             Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun pelajaran  2013 / 2014 :
a.      Rata – rata jumlah nilai ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 24,00
b.      Semua siswa melaksanakan sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam Islam .
c.       Tidak ada lagi siswa yang melanggar tata tertib .
d.      Terbentuknya team atau kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran disekolah .

5.             Tujuan yang ingin dicapai sampai tahun pelajaran  2014 / 2015 :
a.      Rata – rata jumlah nilai ujian akhir nasional sekurang – kurangnya 27,00
b.      Semua siswa melaksanakan sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragam islam .
c.       Tidak ada lagi siswa yang melanggar tata tertib .
d.      Terbentuknya team atau kelompok – kelompok kesenian yang tampil minimal pada pagelaran – pagelaran disekolah .
B.      PROGRAM STRATEGI DALAM MENCAPAIAN TUJUAN SEKOLAH
a.      Terciptanya disiplin dalam PBM untuk meningkatkan kemapuan guru sekaligus prestasi akademik siswa.
b.      Pelaksanaan pada pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepak bola.
c.       Penerapan kedisiplinan, kesopanan, dan ketertiban.
d.      Penerapan nilai norma – norma agama dan social.

C.      STRATEGI PELAKSANAAN
Ø  Program Strategi 1 :
a.        Melengkapi adminitrasi PBM
b.        Mengaktikan MGMP sekolah
c.        Mengadaakan lomba antar kelas secara periodi
d.        Mengikuti lomba mata pelajaran tingkat kabupten

Ø  Program Strategi 2 :
a.      Pemilihan siswa berbakat dalam bidang olah raga sepak bola.
b.      Tersusunnya jadwal kegiatan latihan.
c.       Mengadakan pertandingan persahabatan antar SD lain.
d.      Mengikuti lomba.

Ø  Program Strategi 4 :
a.      Tersedianya peraturan sekolah yang dapat membatasi seluruh tindakan/perilaku  siswa baik dalam kelas maupun luar kelas.
b.      Sosialisasi peraturan sekolah pada siswa.
c.       Mempersiapkan perangkat administrasi peraturan sekolah.
d.      Menindak lanjuti atas tindakan siswa yang melanggar peraturan sekolah.
e.      Menyusun laporan terhadap pelanggaran siswa  untuk disampaikan pada guru, wali kelas, orang tua/wali murid.

Ø  Program Strategi 5 :
a.      Menyusun program kegiatan sholat dhuhur
b.      Melaksanakan kegiatan
c.       Mengevaluasi kegiatan.

D.     OUT PUT YANG DIHARAPKAN
a.      Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan PBM, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik berupa kenaikan prosentase kelulusan sebesar 5%
b.      Menjadi juara 1 tingkat kecamatan untuk cabang olah raga sepak bola.
c.       80 % siswa melaksanakan peratuaran sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang melanggar.
d.      90 % siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.
e.      90 % masyarakat percaya terhadap pelayanan sekolah.

E.      RENCANA PEMANTAUAN DAN EVALUASI
1.      Terciptanya disiplin dalam PBM untuk meningkatkan kemapuan guru sekaligus prestasi akademik siswa.
ü  Monitoring dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü  Adanya supervise pada semua pengampu pelajaran
ü  Evaluasi akhir semester.
2.      Pelaksanaan pada pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepak bola.
ü  Monitoring dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi akhir semester
3.      Pelaksanaan pada pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam ketrampilan computer.
ü  Monitoring dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi akhir semester
4.      Penerapan kedisiplinan, kesopanan, dan ketertiban.
ü  Monitoring dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi akhir semester
5.      Penerapan nilai norma – norma agama dan social.
ü  Monitoring dilaksanakan akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi akhir semester

F.       RENCANA PEMANTAUAN DAN EVALUASI
1.      Pemantauan
1.1.Pemantauan oleh Kepala Sekolah
1.1.1.       Dilakukan setiap minggu
1.1.2.      Anggaran kegiatan setiap minggu.
1.2.Pemantauan oleh Tim Pemantau
1.2.1.      Dilakukan setiap akhir bulan.

2.      Evaluasi
2.1.   Kegiatan pada akhir semester dan akhir tahun pelajaran
2.2.   Dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Tim Evaluator.


Sebulu ,     Oktober 2010

                                                                             Kepala Sekolah


                                                                           













RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH  ( RPS )
RENCANA OPERASIONAL ( RENOP )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
                       
Nama Sekolah        :  SDN 024 SEBULU
Alamat                     : Jl. MULAWARMAN DESA SUMBERSARI KECAMATAN SEBULU   
                                   KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

A.       Sasaran / Tujuan situasional 1 Tahun
1.      Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan PBM, untuk  meningkatkan prestasi siswa.
2.      Terbentukanya team sepak bola yang terorganisir dengan baik.
3.      75 % siswa melaksanakan peraturan sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang melanggar.
4.      90 % siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.

B.       Identifikasi masing – masing fungsi / komponen yang menunjang sasaran
1.      Sasaran 1  : Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan PBM, untuk  meningkatkan prestasi siswa
(a)     Fungsi belajar mengajar
1.        Factor internal
·                Keragaman metode mengajar
·                Kedisiplinan siswa
·                Hubungan siswa dengan guru
·                Penggunaan waktu
2.        Factor Eksternal
·                Kesiapan siswa
·                Dukungan orang tua
·                Lingkungan social dan fisik sekolah
(b)     Fungsi ketenagaan
1.        Factor Internal
·      Jumlah guru
·      Kualifikasi guru
·      Kompetensi guru
·      Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
·      Beban mengajar guru
·      Monitoring program
2.        Factor Eksternal
·      Pengalaman mengajar
·      Kesiapan mengajar
·      Dedikasi guru terhadap siswa
·      Pengembangan profesi guru
(c)      Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
·      Kelengkapan administrasi
·      Penguasaan kurikulum
·      Penguasaan metode pembelajaran
·      Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan kepala Sekolah
·      Dukungan Dinas terkait
(d)     Fungsi sarana prasarana
1.        Factor Internal
·      Jumlah ruang kelas
·      Ruang laboratorium
·      Jumlah alat / media pembelajaran
·      Ruang ketrampilan
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Lingkunag social masyarakat
·      Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait
(e)     Fungsi Kesiswaan
1.        Factor Internal
·      Kesiapan siswa
·      Motivasi siswa
·      Kedisiplinan siswa
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
·      Tempat tinggal siswa
(f)       Fungsi biaya
1.        Factor Internal
·      Kesediaan dana dari sekolah
2.        Factor Eksternal
·      Sumber dana lain

2.      Sasaran 2 : Memiliki team sepak bola yang terorganisir dengan baik
(a)     Fungsi ketenagaan
1.        Factor Internal
·      Guru /pelatih
·      Kualifikasi guru/pelatih
·      Kompetensi guru/ pelatih
·      Beban melatih guru/pelatih
·      Motivasi guru/pelatih
·      Monitoring program
2.        Factor Eksternal
·      Pengalaman mengajar/melatih
·      Kesiapan mengajar/melatih
·      Pengembangan profesi pelatih
(b)   Fungsi kurikulum
1.        Factor Internal
·      Kelengkapan administrasi
·      Penguasaan kurikulum
·      Penguasaan metode pelatihan.
·      Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan kepala Sekolah
·      Dukungan Dinas terkait
(c)      Fungsi sarana prasarana
1.      Factor Internal
·      Jumlah bola kaki
·      Jumlah seragam
·      Jumlah buku teori / penunjang
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Lingkunag social masyarakat
·      Dukungan instansi terkait
(d)     Fungsi Kesiswaan
1.        Factor Internal
·      Kesiapan siswa
·      Motivasi siswa
·      Kedisiplinan siswa
·      Bakat dan minat siswa
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
·      Tempat tinggal siswa
(e)     Fungsi biaya
1.        Factor Internal
·      Kesediaan dana dari sekolah
2.        Factor Eksternal
·      Sumber dana lain

3.      Sasaran 3 : 65 % Siswa mampu menguasai IT dengan terampil dan benar
(a)   Fungsi belajar mengajar
1.   Factor internal
·                Keragaman metode mengajar
·                Kedisiplinan siswa
·                Hubungan siswa dengan guru
·                Penggunaan waktu
2.   Factor Eksternal
·                Kesiapan siswa
·                Dukungan orang tua
·                Lingkungan social dan fisik sekolah

(b)     Fungsi ketenagaan
1.        Factor Internal
·      Guru pembimbing
·      Kualifikasi guru/pembimbing
·      Kompetensi guru/pembimbing
·      Kesesuaian pendidkan guru/pembimbing dengan mata pelajaran yang diampu
·      Beban mengajar guru/pembimbing
·      Monitoring program
2.        Factor Eksternal
·      Pengalaman mengajar/pembimbing
·      Kesiapan mengajar/pembimbing
·      Dedikasi guru/pembimbing terhadap siswa
·      Pengembangan profesi guru/pembimbing

(c)           Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
·      Kelengkapan administrasi
·      Penguasaan kurikulum
·      Penguasaan metode pembelajaran
·      Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan kepala Sekolah
·      Dukungan Dinas terkait
(d)          Fungsi sarana prasarana
1.      Factor Internal
·      Jumlah ruang kelas
·      Ruang laboratorium
·      Jumlah alat / media pembelajaran
·      Ruang ketrampilan
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Lingkunag social masyarakat
·      Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait
(e)     Fungsi Kesiswaan
1.        Factor Internal
·      Kesiapan siswa
·      Motivasi siswa
·      Kedisiplinan siswa
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Dukungan lingkungan sekitar sekolah.
·      Tempat tinggal siswa
(f)       Fungsi biaya
1.        Factor Internal
·      Kesediaan dana dari sekolah
2.        Factor Eksternal
·      Sumber dana lain

4.      Sasaran 4 : 75 % siswa melaksanakan peraturan sekolah dengan ditandainya sedikit siswa yang melanggar.
(a)     Fungsi ketenagaan
1.      Factor Internal
·      Jumlah guru
·      Kualifikasi guru
·      Kompetensi guru
·      Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
·      Beban mengajar guru
·      Monitoring progra
2.      Factor Eksternal
·      Pengalaman mengajar
·      Kesiapan mengajar
·      Dedikasi guru terhadap siswa
·      Pengembangan profesi guru
(b)     Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
·      Kelengkapan administrasi
·      Penguasaan kurikulum
·      Penguasaan metode pembelajaran
·      Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan kepala Sekolah
·      Dukungan Dinas terkait
(c)    Fungsi sarana prasarana
1.      Factor Internal
·      Jumlah ruang kelas
·      Ruang laboratorium
·      Jumlah alat / media pembelajaran
·      Ruang ketrampilan
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Lingkunag social masyarakat
·      Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait
(d)   Fungsi Kesiswaan
1.        Factor Internal
·      Kesiapan siswa
·      Motivasi siswa
·      Kedisiplinan siswa

2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
·      Tempat tinggal siswa
(e)   Fungsi biaya
1.        Factor Internal
·         Kesediaan dana dari sekolah
2.        Factor Eksternal
·      Sumber dana lain

5.      Sasaran 5 : 90 % siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.
(a)     Fungsi ketenagaan
3.        Factor Internal
·      Jumlah guru
·      Kualifikasi guru
·      Kompetensi guru
·      Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
·      Beban mengajar guru
·      Monitoring program
4.        Factor Eksternal
·      Pengalaman mengajar
·      Kesiapan mengajar
·      Dedikasi guru terhadap siswa
·      Pengembangan profesi guru
(b)     Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
·      Kelengkapan administrasi
·      Penguasaan kurikulum
·      Penguasaan metode pembelajaran
·      Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
·      Dukungan kepala Sekolah
·      Dukungan Dinas terkait
(c)           Fungsi sarana prasarana
1.      Factor Internal
·      Jumlah ruang kelas
·      Ruang laboratorium
·      Jumlah alat / media pembelajaran
·      Ruang ketrampilan
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Lingkunag social masyarakat
·      Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait
(d)     Fungsi Kesiswaan
1.      Factor Internal
·      Kesiapan siswa
·      Motivasi siswa
·      Kedisiplinan siswa
2.        Factor Eksternal
·      Dukungan orang tua
·      Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
·      Tempat tinggal siswa
(e)     Fungsi biaya
1.        Factor Internal
·      Kesediaan dana dari sekolah
2.        Factor Eksternal
·      Sumber dana lain












C.            Analisa SWOT
Analisa SWOT dilakukan untuk mengenal tingkat kesiapan fungsi dari sasaran yang telah ditetapkan. Lebih jelasnya  dapat dlibat pada table dibawah ini :
No
Fungsi dan Faktor
Kreteria Kesiapan
Tingkat Kesiapan
Kondisi Ideal
Kondisi Nyata
Siap
Tidak
1











2
















3










4













5









6





Fungsi Belajar Mengajar
1.      Factor internal
»     Keragaman metode mengajar
»     Kedisiplinan siswa
»     Hubungan siswa dengan guru
»     Penggunaan waktu
»     Pemberdayaan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Kesiapan siswa
»     Dukungan orang tua
»     Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi ketenagaan
1. Factor Internal
»     Jumlah guru
»     Kualifikasi guru
»     Kompetensi guru
»     Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
»     Beban mengajar guru
»     Monitoring program
2.      Factor Eksternal
»     Pengalaman mengajar
»     Kesiapan mengajar
»     Dedikasi guru terhadap siswa
»     Pengembangan profesi guru



Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
»     Kelengkapan administrasi
»     Penguasaan kurikulum
»     Penguasaan metode pembelajaran
»     Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan kepala Sekolah
»     Dukungan Dinas terkait

Fungsi sarana prasarana
1.  Factor Internal
»     Jumlah ruang kelas
»     Ruang laboratorium
»     Jumlah alat / media pembelajaran
»     Ruang ketrampilan
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Lingkunag social masyarakat
»     Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait

Fungsi Kesiswaan
1.   Factor Internal
»     Kesiapan siswa
»     Motivasi siswa
»     Kedisiplinan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»     Tempat tinggal siswa
Fungsi biaya
1.   Factor Internal
»     Kesediaan dana dari sekolah
2.      Factor Eksternal
»     Sumber dana lain



Beraneka ragam

Disiplin
Baik

Efektif
Optimal

Siap
Mendukung
Memadai



Tiap mapel
100% pendidik S1
100% kompeten
100% Sesuai




Rata –rata 18 jam
Terprogram

Minimal 2 tahun

Siap
Tinggi

Diklat





Lengkap

Menguasai

Berfariasi

Ada dan terprogram
Mendukung

Mendukung




Memadai
Ada memadai
Memadai

Ada

Mendukung
Mendukung

Mendukung





Siap
Tinggi
Disiplin

Mendukung
Mendukung


Terjangkau


Tersedia


Ada



Kurang beraneka

Cukup
Baik

Efektif
Cukup

Sedang
Cukup
Cukup memadai



Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai




Rata2  16 jam pel
Ada & terprogram

100 % lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi

Belum merata





Kurang lengkap

Cukup

Kurang berfariasi

Ada dan terprogram
Mendukung

Mendukung




Memadai
Ada kurang memadai

Belum ada

Mendukung
Mendukung

Cukup mendukung




Cukup
Rendah
Cukup

Cukup
Cukup


Terjangkau


Cukup


Cukup


































































































































Sasaran 2 :        Memiliki sebuah team sepak bola yang terorganisir dengan baik

No
Fungsi dan Faktor
Kreteria Kesiapan
Tingkat Kesiapan
Kondisi Ideal
Kondisi Nyata
Siap
Tidak
1











2








3








4








5

Fungsi ketenagaan
1. Factor Internal
»     Guru/ Pelatih
»     Kualifikasi guru/pelatih
»     Kompetensi guru/pelatih
»     Beban mengajar guru/pelatih
»     Monitoring program
2.      Factor Eksternal
»     Pengalaman mengajar/pelatih
»     Kesiapan mengajar
»     Dedikasi pelatih terhadap siswa
»     Pengembangan profesi pelatih

Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
»     Kelengkapan administrasi
»     Penguasaan kurikulum
»     Penguasaan metode pembelajaran
»     Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan kepala Sekolah
»     Dukungan Dinas terkait

Fungsi sarana prasarana
1.  Factor Internal
»     Jumlah bola kaki
»     Jumlah seragam
»     Jumlah buku teori
»     Lapangan sepak bola
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Lingkungan social masyarakat
»     Dukungan instansi terkait

Fungsi Kesiswaan
1.   Factor Internal
»     Kesiapan siswa
»     Motivasi siswa
»     Kedisiplinan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»     Tempat tinggal siswa
Fungsi biaya
1.   Factor Internal
»     Kesediaan dana dari sekolah
2.      Factor Eksternal
»     Sumber dana lain



Ada
Pend. S1

Mampu melatih

18 jam pel

Ada dan terprogram
Minimal 5 tahun

Siap
Tinggi

Pendidikan dan pelatihan



Lengkap

Menguasai

Menguasai

Ada dan terprogram
Mendukung

Mendukung




Memadai
Memadai
Memadai
Memadai

Mendukung
Mendukung

Mendukung




Siap
Tinggi
Disiplin

Mendukung
Mendukung

Terjangkau


Tersedia


ada


 Ada
 Ada

Cukup

12 jam Pel

Cukup

4 tahun

Cukup siap
Cukup

Penataran




Ada, kurang

Cukup

Cukup

Ada

Mendukung

Mendukung




Memadai
Kurang
Kurang
Belum memadai

Mendukung
Mendukung

Mendukung




Cukup
Cukup
Cukup

Mendukung
Mendukung

Terjangkau


Cukup


Tidak ada




































































































Sasaran 3        : 75 % Siswa melaksanakan peraturan Sekolah

No
Fungsi dan Faktor
Kreteria Kesiapan
Tingkat Kesiapan
Kondisi Ideal
Kondisi Nyata
Siap
Tidak
1











2
















3










4













5









6





Fungsi Belajar Mengajar
1.      Factor internal
»     Keragaman metode mengajar
»     Kedisiplinan siswa
»     Hubungan siswa dengan guru
»     Penggunaan waktu
»     Pemberdayaan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Kesiapan siswa
»     Dukungan orang tua
»     Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi ketenagaan
1. Factor Internal
»     Jumlah guru
»     Kualifikasi guru
»     Kompetensi guru
»     Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
»     Beban mengajar guru
»     Monitoring program
2.      Factor Eksternal
»     Pengalaman mengajar
»     Kesiapan mengajar
»     Dedikasi guru terhadap siswa
»     Pengembangan profesi guru

Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
»     Kelengkapan administrasi
»     Penguasaan kurikulum
»     Penguasaan metode pembelajaran
»     Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan kepala Sekolah
»     Dukungan Dinas terkait

Fungsi sarana prasarana
1.  Factor Internal
»     Jumlah ruang kelas
»     Ruang laboratorium
»     Jumlah alat / media pembelajaran
»     Ruang ketrampilan
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Lingkunag social masyarakat
»     Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait

Fungsi Kesiswaan
1.   Factor Internal
»     Kesiapan siswa
»     Motivasi siswa
»     Kedisiplinan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»     Tempat tinggal siswa
Fungsi biaya
1.   Factor Internal
»     Kesediaan dana dari sekolah
2.      Factor Eksternal
»     Sumber dana lain



Beraneka ragam

Disiplin
Baik
Efektif

Optimal

Siap
Mendukung

Memadai


Tiap mapel
100% pend S1
100% kompeten
100% Sesuai



Rata –rata 18
Terprogram

Minimal 2 tahun
Siap
Tinggi

Diklat




Lengkap

Menguasai
Berfariasi

Ada dan terprogram
Mendukung

Mendukung



Memadai
Ada memadai
Memadai

Ada

Mendukung
Mendukung

Mendukung





Siap
Tinggi
Disiplin

Mendukung
Mendukung

Terjangkau


Tersedia

Ada



Kurang beraneka

Cukup
Baik
Efektif

Cukup

Sedang
Cukup

Cukup memadai


Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai



Rata rata 24 jam
Ada & terprogram

lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi

Belum merata




Kurang lengkap

Cukup
Kurang berfariadi

Ada dan terprogram
Mendukung

Mendukung



Memadai
Ada kurang memadai

Belum ada

Mendukung
Mendukung

Cukup mendukung





Cukup
Rendah
Cukup
Cukup
Cukup

Terjangkau


Cukup

Cukup











































































































Sasaran 5            : 80 %  Siswa melaksanakan ibadah menurut agamanya baik di sekolah maupun   dirumah.

No
Fungsi dan Faktor
Kreteria Kesiapan
Tingkat Kesiapan
Kondisi Ideal
Kondisi Nyata
Siap
Tidak
1











2
















3










4













5









6





Fungsi Belajar Mengajar
1.      Factor internal
»     Keragaman metode mengajar
»     Kedisiplinan siswa
»     Hubungan siswa dengan guru
»     Penggunaan waktu
»     Pemberdayaan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Kesiapan siswa
»     Dukungan orang tua
»     Lingkungan social dan fisik sekolah
Fungsi ketenagaan
1. Factor Internal
»     Jumlah guru
»     Kualifikasi guru
»     Kompetensi guru
»     Kesesuaian pendidkan guru dengan mata pelajaran yang diampu
»     Beban mengajar guru
»     Monitoring program
2.      Factor Eksternal
»     Pengalaman mengajar
»     Kesiapan mengajar
»     Dedikasi guru terhadap siswa
»     Pengembangan profesi guru

Fungsi kurikulum
1.      Factor Internal
»     Kelengkapan administrasi
»     Penguasaan kurikulum
»     Penguasaan metode pembelajaran
»     Pelaksanaan evaluasi
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan kepala Sekolah
»     Dukungan Dinas terkait

Fungsi sarana prasarana
1.  Factor Internal
»     Jumlah ruang kelas
»     Ruang laboratorium
»     Jumlah alat / media pembelajaran
»     Ruang ketrampilan
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Lingkunag social masyarakat
»     Bantuan alat/ media pembelajaran dari dinas terkait

Fungsi Kesiswaan
1.   Factor Internal
»     Kesiapan siswa
»     Motivasi siswa
»     Kedisiplinan siswa
2.      Factor Eksternal
»     Dukungan orang tua
»     Dukungan lingkunga sekitar sekolah.
»     Tempat tinggal siswa
Fungsi biaya
1.   Factor Internal
»     Kesediaan dana dari sekolah
2.      Factor Eksternal


Beraneka ragam

Disiplin
Baik

Efektif
Optimal

Siap
Mendukung

Memadai


Tiap mapel
100% pend S1
100% kompeten
100% Sesuai


Rata –rata 18
Terprogram


Minimal 2 tahun
Siap
Tinggi

Diklat



Lengkap

Menguasai
Berfariasi

Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung



Memadai
Ada memadai
Memadai

Ada


Mendukung
Mendukung

Mendukung





Siap
Tinggi
Disiplin

Mendukung
Mendukung

Terjangkau


Tersedia

Ada



Kurang beraneka

Cukup
Baik

Efektif
Cukup

Sedang
Cukup

Cukup memadai


Cukup
100 % S 1
90 % kompeten
60% sesuai


Rata rata 24 jam
Ada dan terprogram

 lebih 2 tahun
Cukup Siap
Cukup tinggi

Belum merata



Kurang lengkap

Cukup
Kurang berfariasi

Ada dan terprogram
Mendukung
Mendukung



Memadai
Ada kurang memadai

Belum ada


Mendukung
Mendukung

Cukup mendukung




Cukup
Rendah
Cukup

Cukup
Cukup

Terjangkau


Cukup

Cukup







































































































D.           Identifikasi masalah dan Pemecahannya
Dari analisis SWOT tersebut dapat ditemukan masalah – masalah sebagai berikut dan cara penyelesainnya.

No
Sasaran
Persoalan
Pemecahan
1
Sasaran 1



Keragaman metode mengajar
Kurang bervariasi
Mengikuti MGMP

Jumlah guru
Cukup
Diampu guru yang serumpun

Pengembangan profesi guru
Belum merata
Work shop Guru

Kelengkapan administrasi
Kurang
Melengkapinya

Penguasaan metode
Kurang
Aktif dalam MGMP

Ruang lab
Kurang memadai
Perlu pembenahan

Jumlah media pembelajaran
Kurang
Usul droping

Jumlah buku pelajaran
Kurang
Mencari di BSE ( internet )

Ruang ketrampilan
Belum ada
Usuk pembuatan




2
Sasaran 2



Pengalaman mengajar/melatih
Kurang dari 5 tahun
Mencari pelatih yang pengalaman

Pengembangan profesi pelatih
Belum
Mengirim peserta diklat

Kelengakapan administrasi
Ada, kurang
Melengkapi administrasi

Jumlah seragam
Ada, kurang memadai
Usul penambahan

Jumlah buku teori
Kurang memadai
Usul droping

Lapangan sepak bola
Belum memadai
Usul pengadaan




3
Sasaran 3



Keragaman metode mengajar
Kurang beraneka
Pengaktifan MGMP

Pengembangan profesi guru
Belum
Mengirim peserta diklat

Kelengkapan administrasi
Ada, kurang lengkap
Melengkapi administrasi

Jumlah Buku teori/ penunjang
Kurang memadai
Usul droping

Buku teori
Kurang
Usul droping




4
Sasaran 4



Pengalaman mengajar/membimbing
Kurang dari 5 tahun
Membantu dalam setiap kegiatan

Pengembangan profesi guru
Belum
Mengirim peserta diklat

Kelengkapan administrasi
Ada kurang, lengkap
Melengkapi administrasi




5
Sasaran 5



Pengalaman mengajar
Kurang dari 5 tahun
Membantu dalam setiap kegiatan

Pengembangan profesi guru
Belum
Mengirim peserta diklat

Kelengkapan administrasi
Ada kurang, lengkap
Melengkapi administrasi
  





E.             Rencana dan Program Sekolah
Sasaran 1 :          Semua guru menerapkan kedisplinan dalam PBM untuk meningkatkan prestasi siswa

Rencana Kegiatan 1 :   Melengkapi Administrasi  PBM
Program :
1.        Penyusunan jadwal penyusunan administrasi PBM
2.        Penyusunan perangkat KBM ( Prota, Promes, Silabusm, Pemetaan, RPP dan system penilaian )

Rencana Kegiatan 2 :   Mengaktipan MGMP Sekolah
Program :
1.        Pengiriman peserta MGMP ke tingkat Kabupaten
2.        Penyusunan Program MGMP tingkat Sekolah
3.        Pelaksanaan MGMP tingkat Sekolah
4.        Pelaporan dan tindak lanjut

Rencana Kegiatan 3 :   Mengadaan lomba mata pelajaran  antar siswa antar kelas secara periodic.
Program :
1.      Pembentukan Panitia lomba
2.      Penyusunan mater lomba
3.      Pelaksanaan lomba
4.      Pengumuman hasil lomba dan penghargaan bagi peserta terbaik

Rencana Kegiatan 4 :   mengikuti lomba mata pelajaran tingkat kabupaten
Program :
1.        Pembentukan panitia seleksi
2.        Penyusunan jadwal seleksi lomba tingkat sekolah
3.        Pelaksanaan lomba tingkat sekolah
4.        Pengiriman peserta lomba.

Sasaran 2 :          Memiliki sebuah tim sepak bola yang terorganisir dengan baik .
Rencana Kegiatan 1 :   Pemilihan siswa berbakat dalam bidang olah raga sepak bola
Program :
1.        Pembentukan tim seleksi
2.        Penyusunan jadwal seleksi
3.        Pendaftaran siswa yang mengikuti seleksi  pembentukan tim sepak bola
4.        Pelaksanaan seleksi
5.        Pengumuman seleksi

Rencana Kegiatan 2 :   Pengadaan sarana dan Prasaran Olahraga Sepak bola
Program :
1.        Identifikasi kebutuhan sarana dan prasaran olah raga sepak bola ( bola, kostum, dan buku teori sepak bola)
2.        Pembentukan tim belanja
3.        Pembelian bola kaki,  kostum, dan buku teori sepakbola


Rencana Kegiatan 3 :   Penyusunan jadwal latihan
Program :
1.        Penyusunan jadwal latihan

Rencana Kegiatan 4 :   latihan Intensif , try out dan mengikuti lomba artau kejuaraan
Program :
1.      Penyusunan jadwal latihan
2.      Mendatangkan pelatih
3.      Pelaksanaan latihan rutin ( 2 x seminggu )
4.      Pelaksanaan uji coba
5.      Mengikuti lomba
6.      Evaluasi

Rencana Kegiatan 5 :   Mengadakan latih tanding
Program :
1.      Menentukan lawan latih tanding
2.      Mengirim undangan latihan persahabatan
3.      Pelaksanaan latih tanding
4.      Evaluasi

Rencana Kegiatan 6 :   Mengikuti lomba kejuaraan
Program :
1.      Pembentukan panitia seleksi
2.      Penyusunan jadwal seleksi
3.      Pengirim,an peserta lomba

Sasaran 3 :        Semua siswa sudah mampu mengoperasikan IT dengan benar
Rencana Kegiatan 1 :   Pengadaan perangkat IT
Program :
1.      Pembentukan Tim computer
2.      Identifikasi Kebutuhan ( computer, Jaringan Internet, LAN, Instalsi Kelistrikan )
3.      Pengadaan Perangkat
4.      Pelaksanaan uji kompetensi

Rencana Kegiatan 2 :   Latihan , Pemiliharaan  dan  uji kompetensi
Program :
1.      Penyusunan jadwal
2.      Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
3.      Pelaksanaan kegiatan pemeliharaan
4.      Pelaksanaan uji kompetensi

Sasaran 4 :        75 % Siswa melaksanakan peraturan Sekolah
Rencana Kegiatan 1 :   Rencana Pembentuak Peraturan Sekolah
Program :
1.        Pembentukan tim Penyusunan peraturan sekolah
2.        Revisi draf peraturan yang sudah ada
3.        Penyusunan Peraturan sekolah
4.        Penyerahan Peraturan Sekolah kepada Kepala Sekolah
5.        Penyusunan jadwal Sosialisasi
6.        Pelaksanaan Sosialisasi
Rencana Kegiatan 2 :   Implementasi tindakan siswa
Program :
1.      Pembentukan Tim Identifikasi dan penanganan
2.      Penyusunan program penanganan/penyelesaian
3.      Sosialisasi program
4.      Pelaksanaan Program tindakan
5.      Evaluasi pelaksanaan
6.      Pelaporan secara periodik

Sasaran 5 :          80 % Siswa melaksanakan ibadah menurut agamanya baik di sekolah maupun dirumah.
Rencana Kegiatan 1 :   Persiapan
Program :
1.      Pembentukan tim kegiatan keagamaan
2.      Identifikasi kegiatan keagamaan
3.      Penyusunan administrasi pendukung kegiatan
4.      Sosialisasi Program

Rencana Kegiatan 1 :   Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan
Program :
1.      Penyusunan program dan jadwal kegiatan
2.      Pelaksanaan Program kegiatan
3.      Evaluasi dan tindak lanjut
4.      Pelaporan rutin

F.             Out put yang diharapkan.
1.           Semua guru dapat menerapkan kedisiplinan PBM, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik siswa
2.           Memiliki sebuah Tim sepak bola yang terorganisir dengan baik.
3.           Semua Siswa mampu menguasai IT dengan terampil dan benar.
4.           80 % siswa melaksanakan peratuaran sekolah
5.           90 % siswa melaksanakan ibadah di sekolah dan di rumah berdasarkan agama yang dianutnya.

G.            Rencana Pemantauan dan Evaluasi
1.      Pelaksanaan kedisplinan dalam PBM untuk meningkatkan kemampuan guru sekaligus prestasi akademik siswa.
ü  Monitoring dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester
2.      Pelaksanaan pada pelatihan terpadu untuk menjaring bakat siswa dalam olahraga sepakbola
ü  Monitoring dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester
3.      Pelaksanaan pada pelatihan terpadu untuk meningkatkan siswa dalam ketrampilan computer dan IT
ü  Monitoring dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester
4.      Penerapan kedisplinan dalam peraturan sekolah
ü  Monitoring dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü  Evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester
5.      Penerapan nilai – nilai keagamaan dalam setiap kegiatan
ü   Monitoring dilaksanakan setiap akhir bulan dan incidental
ü   Evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester


Sebulu,   Agustus 2010
                       Tim Penyusun
















H.            PENANGGUNG JAWAB
1.        Penanggungjawab Program Sekolah          :  Kepala Sekolah
2.        Koordinator Pelaksana Program                 :  Wakil Kepala Sekolah
3.        Bendahara program                                    :  Bendahara Komite
4.        Penanggungjawab sasaran
a.             Sasaran 1                                : 
b.             Sasaran 2                                : 
c.              Sasaran 3                                : 
d.             Sasaran 4                                : 
e.             Sasaran 5                                : 


Sebulu,    Agustus 2010

Mengetahui
Komite Sekolah                                 Kepala Sekolah











Tidak ada komentar:

Posting Komentar