Tayangan halaman minggu lalu

Rabu, 29 Februari 2012

ENSIKLOPEDI EVALUASI


ENSIKLOPEDI PENDEK
TENTANG
E V A L U A S I

NO
KONSEP
DEFINISI
ELABORASI
CONTOH
1
Administrasi
Suatu kegiatan untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai tujuan
Suatu aktivitas yang mempunyai fungsi-fungsi pokok yang mencakup planning, organizing, commanding, coordination and control.
Administrasi sekolah
2
Administrasi pendidikan
Adminitrasi yang berkaitan dengan masalah pendidikan
Segala proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personal, spiritual, dan material, yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan
Kurikulum, Silabus, RPP
3
Analisis
penyelidikan thd suatu peristiwa
Penyelidikan suatu peristiwa  (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yg sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb), data dengan tujuan untuk mengetahui keadaan yang terjadi dengan sebenar-benarnya, sebab musababnya untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi
Analisi data untuk mengetahui data yang sesungguhnya
4
Analisis kebutuhan
Suatu proses yang dilakukan seseorang untuk  mengidentifikasikan kebutuhan sekaligus menentukan prioritasnya
Suatu proses formal untuk menentukan jarak antara keluaran dan dampak yang nyata dalam keluaran dan dampak yang diinginkan dan menempatkan kesenjangan itu para skala prioritas, lalu memilih yang paling penting untuk diselesaikan masalahnya
Menjawab pertanyaan:  Mengapa dalam mengajar menggunakan metode tersebut?
5
Artifaks
Segala sesuatu yang dihasilkan  manusia yang  mencerminkan hasil kebudayaan yang tinggi
Objek materiil dan simbol dari kejadian masa lalu dan saat ini, yang dihasilkan oleh kelompok orang atau organisasi
Relief di Candi Borobudur
6
Behavior Modification Approach
Pendekatan dalam pengelolaan kelas berdasarkan perubahan tingkah laku
Pendekatan yang bertolak dari psikologi behavioral yang menmganggap semua tingkah laku yang baik dan kurang baik merupakan hasil proses belajar
Misalnya, guru harus menyusun program kelas yang dapat merangsang terwujudnya proses belajar, yang memungkinkan siswa bertingkah laku yang baik yang sesuai dengan norma yang berlaku
7
Belajar
Proses perubahan tingkah laku pada diri individu karena adanya proses interaksi antarindividu di lingkungannya
Belajar merupakan kegiatan yang kompleks karena  menyangkut  kemampuan di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap
Belajar bahasa Indonesia, Agama, dll
8
Bimbingan
Bantuan yang diberikan kepada seseorang dalam usaha memecahkan kesukaran-kesukaran yang dialaminya
Bantuan yang dapat menyadarkan orang itu akan pribadinya sendiri, yaitu bakat dan mintanya, kecakapan dan kemampuannya, sehingga sanggup memecahkan sendiri kesukaran-kesukaran yang dihadapinya
Bimbingan siswa agar mampu memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya
9
data narasi berpotensi tabulasi
data yang mengacu jawaban responden yang sering muncul
data jenis ini mengacu pada jawaban responden yang tinggkat kemunculannya tinggi, artinya diberikan alternatif jawaban yang sering dipilih oleh responden
bagaimana pendapat anda tentang pentingnya pelatian? Alternatif jawaban: harus dilakukan, tidak perlu dilaksanakan, harus dilakukan dengan perbaikan. Dan dengan diberikan kebebasan untuk memberikan alasan.
10
data narasi nontabulasi
data yang berwujud kalimat atau uraian
merupakan kalimat uraian, dari jawaban responden perseorangan tanpa dibatasi urain perjalanan
bagaimana pendapat anda tentang pentingnya pelatian? Tanpa disediakan perkiraan jawabannya
11
Dokumen
Data penting yang disimpan sebagai arsip
Catatan mengenai berbagai kejadian masa lalu yang ditulis atau dicetak , yang disimpan sebagai  bukti tentang perkembangan sejarah dalam kurun tertentu
Surat, catatan
12
Dokumen eksternal
Dokumen yang dihasilkan oleh lembaga social
Dokumen yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengkaji konteks sosial, kepemimpinan, dan lain-lain
Majalah, buletin, koran
13
Dokumen internal
Dokumen yang di dapat dari internal suatu organisasi
Dokumen yang berupa memo, pengumuman, instruksi atau aturan yang berlaku bagi pihak intern
Memo, pengumuman
14
Dokumen pribadi
Dokumen yang di dapat dari seseorang secara pribadi
Catatan atau karangan seseorang secara tertulis tentang tindakan, pengalaman, kepercayaannya, pemikirannya yang dianggap menonjol
Buku harian, ktp
15
Evaluasi
Penilaian
Memberikan suatu nilai pada suatu barang atau kegiatan berdasarkan informasi yang tersedia demi terciptanya kesempurnaan dimasa yang akan datang
Evaluasi pendidikan, Evaluasi kinerja guru
16
Evaluasi konteks
Evaluasi yang berkaitan dengan gambaran kebutuhan yang harus dipenuhi
Upaya untuk menggambarkan dan memerinci kebutuhan yang harus dipenuhi, jumlah yang harus dilayani
Dibuat dalam pertanyaan:  Kebutuhan apa saja yang belum dipenuhi? Tujuan apa saja yang belum dicapai?
17
Evaluasi masukan
Evaluasi yang berkaitan dengan kemampuan awal siswa dan sekolah dalam menunjang program makanan tambahan anak sekolah (PMTAS)
Evaluasi yang berhubungan kemampuan yang dimiliki siswa dan sekolah dalam menyediakan konsumsi yang  bertujuan menunjang gizi siswa
Menyediakan petugas yang tepat, Menyediakan ahli kesehatan, Menyediakan ahli gizi
18
Evaluasi produk
Evaluasi terhadap hasil yang didapat
Evaluasi hasil yang diarahkan pada perubahan yang terjadi pada masukan mentah
Menjawab pertanyaan: Apakah tujuan yang ditetapkan sudah tercapai?
19
Evaluasi Program
Penilaian kegiatan
Upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepada pengambil keputusan
Evaluasi program pendidikan
20
Evaluasi proses
Evaluasi yang berkaitan dengan proses kegiatan
Evaluasi yang merujuk pada  pertanyaan:  apa kegiatan yang dilakukan dalam program, siapa yang ditunjuk sebagai pelaksana program, kapan kegiatan akan selesai.
Menjawab pertanyaan:  What, Who, When.
21
Evaluator
Orang yang melakukan evaluasi
otoritas yang mampu memperkirakan nilai atau kualitas
Guru yang memberikan penilaian kepada anak didiknya
22
Evaluator dalam
Petugas evaluasi yang berasal dari dalam
Petugas evaluator program yang sekaligus bertindak sebagai  pelaksana program yang diawasi
Evaluator internal
23
Evaluator luar
Petugas evaluasi yang berasal dari luar
Petugas evaluator  yang tidak terkait dengan kebijakan dan implementasi program
Evaluator eksternal
24
Flexibility
Menyesuaikan dengan perkembangan
Suatu organisasi  hendaknya selalu berkembang, menyesuaikan perkebangan yang terjadi di masyarakat, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar
Sekolah harus mampu menyiapkan tenaga  terampil, siap pakai, yang sekarang banyak diperlukan perusahaan
25
Group-Process Approach
Pendekatan berdasarkan proses kelompok
Pendekatan yang menyatakan bahwa  pengalaman belajar siswa  berlangsung dalam kontek social
Guru dalam mengajar menggunakan metode yang memungkinkan siswa berinteraksi
26
Indikator
Petunjuk  kinerja komponen
Target kompetensi yang harus dicapai, sehingga dapat diukur keberhasilannya
Indikator kerajinan
27
Kemampuan berpikir abstrak
Menjadikan hal-hal yang sifatnya abstrak menjadi konkret
Kemampuan berpikir yang memerlukan kemampuan intelegensi yang tinggi  karena harus mampu menganalisis dan mengintegrasikan  teori yang ada kedalam kegiatan nyata
Umar Bin Khotob, sahabat Rosulullah
28
Kepala
Orang yang diberi tugas mengepalai suatu lembaga atau instansi
Orang yang diangkat mengepalai suatu lembaga, yang bertindak sebagai penguasa, yang diangkat oleh atasannya dan bertanggung jawab penuh kepada atasannya tersebut
Kepala sekolah
29
Kepala sekolah
Orang yang memimpin suatu sekolah
Orang yang bertugas memimpin dan bertanggung jawab penuh terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah baik yang berhubungan dengan akademik maupun administrasi
Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Kepala Sekolah SMA, Kepala Sekolah SMK, dll.
30
Kepala yang pemimpin
Kepala yang mampu bertindak juga sebagai pemimpin
Kepala  yang pengangkatannya hasil aspirasi masyarakatnya, mampu melindungi  dan mensejahterakan pemilihnya,  profesional dalam bertugas
Kepala negara
31
Kepemimpinan
Setiap sumbangan terhadap terwujudnya dan tercapainya tujuan kelompok atau golongan
Tindakan atau perbuatan  di antara perseorangan atau kelompok yang menyebabkan baik orang seorang atau kelompok  maju kea rah tujuan-tujuan tertentu
Kepeminpinan di Sekolah
32
Keseimbangan emosional
Seorang pemimpin yang berusaha sabar dan tidak panik dalam menghadapi persoalan yang sedang dihadapi
Seorang yang berusaha tenang dalam menghadapi semua problem yang ada di depannya dan tetap berpikir jernih, sehingga akan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik
Rosulullah saw
33
Kisi-kisi
Tabel kolom baris yang memberi gambaran antara kegiatan yang satu dengan yang lain
Tabel  kolom baris yang memberi gambaran tentang  komponen, indikator, metode dan instrument yang berhubungan antara yang satu dengan yang lain
Kisi-kisi penyusunan angket bahan koleksi untuk pelanggar perpustakaan
34
kredibilitas
perihal dapat dipercaya
suatu data dapat dikatakan kredibilitasnya tinggi jika data tersebut menggunakan referensi untuk meningkatkan kepercayaan akan kebenaran data yang diperoleh, melakukan trianggulasi serta pelibatan para pakar
ketidaksediaan Pemerintah untuk memberikan bantuan kpd bank akan mempengaruhi -- bank di mata umum
35
Kriteria
Standar yang digunakan sebagai acuan
Suatu yang digunakan sebagai patokan atau batas minimal untuk sesuatu yang diukur
Misalnya, skala 1-10; atau skala 1-100
36
Kriteria  kualitatif
Kriteria yang tidak menggunakan angka-angka
Kriteri a yang dibuat tidak menggunakan angka-angka, baik dengan pertimbangan maupun tanpa pertimbangan
Nilai 5, jika memenuhi semua indikator Nilai 4, jika memenuhi (b), (c), dan (d) atau (a)
37
Kriteria kuantitatif
Kriteria  yang menggunakan angka-angka
Kriteria yang disusun dengan memperhatikan rentangan bilangan, baik dengan pertimbangan maupun dengan pertimbangan
Nilai A: rentangan 80-100%, Nilai B rentang 66-79%, Nilai C rentang  56-65
38
Laporan
Segala sesuatu yang dilaporkan
Sesuatu yang dilaporkan dengan tujuan untuk diketahui baik kelemahan atau keunggulan dari suatu program/kegiatan
Laporan pertanggungjawaban
39
Latar belakang masalah
Hal-hal yang mendasari lahirnya kegiatan
Hal-hal yang mendorong  atau alasan dilaksanakan program, di mana alasan tersebut  harus betul-betul kuat, tidak mengada-ada
Dengan menunjukkan kondisi yang ada, yang tidak sesuai dengan harapan
40
Line organization
Kekuasaan penuh pada pimpinan
Tipe di mana semua  hak dan kekuasaan berada pada puncuk pimpinan, , sedang bawahan sekecil apaun tidak punya kekuasaan karena hanya sebagai pelaksana tugas
Pola Kepemimpinan Rezim Orde baru
41
mean
rata-rata
angka, jumlah, dsb yang diperoleh dr jumlah keseluruhan unsur dibagi banyaknya unsur
selama lima tahun ini pertambahan penduduk Indonesia ~ 2,5% setahun
42
median
nilai tengah
merupakan indeks dari kecenderungan terpusat, jika sebuah angka menempati posisi tengah dari tiap distribusi yang telah diurutkan
jika ada deret data 2, 3, 6, 9, 10, maka mediannya adalah 6
43
metode
Cara
cara teratur yg digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dng yg dikehendaki
metode preskriptif, dan komparatif
44
Metodologi
Ilmu tentang metode
Ilmu yang mempelajari tentang cara kerja yg bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan
Metodologi evaluasi
45
modus
nilai yang paling besar frekuensinya
nilai atu skor yada tabel distribusi yang frekuensi kemunculannya tinggi
jika ada deret data 2,2,3,4,5,3,2,6, maka dari data tersebut modusnya 2
46
Mutasi horizontal
Mutasi yang dilakukan dengan mengadakan pertukaran  pimpinan antarsekolah yang sejenis atau setingkat
Mutasi yang dilakukan dengan jalan memindahkan pimpinan sekolah itu ke sekolah yang lain, yang sejenis, tanpa mengubah status jabatannya
Kepala sekolah SD Negeri dimutasi menjadi kepala sekolah SD  Negeri yang lain, yang tingkat akreditasinya sama
47
Mutasi vertical
Mutasi  yang dilakukan dengan cara memindakan ke jabatan yang lebih tinggi atau ke jabatan yang lebih rendah
Mutasi ke jabatan lebih rendah atau lebih tinggi dengan tujuan memberi kesempatan  bagai pegawai untuk dapat mengembangkan kariernya
Seorang yang karena dianggap cakap, diangkat menjadi pimpinan di lembaga yang selama ini menaunginya
48
Objektivitas
Menilai secara apa adanya
Penilaian yang adil, terencana,  berkesinambungan dan menerapkan kriteria yang jelas dalam memberikan skor
Guru dalam membuat penilaian tidak boleh didasari suka-tidak suka, perbedaan agama, suku, dll
49
Organisasi
Struktur dalam menyusun personil, pekerjaan, materiil dan pikiran-pikiran dalam struktur itu
Hubungan antara orang-orang yang ada dalam struktur , yang masing-masing saling menyadari antara hak dan kewajibannya, yang melakukan kegiatan dalam usaha mencapai tujuan
Organisasi OSIS, Organisasi KKG
50
Pembelajaran
Proses, cara menjadikan orang belajar
Kegiatan jamak yang melalui urutan dari penyusunan kurikulum di pusat, pembuatan analisis materi pelajaran, pembuatan rencara mengajar, pelaksanaan KBM,
Pembelajaran dengan model Number Head Together (NHT)
51
Pembelajaran
Aktivitas belajar
Upaya yang sistematis dan sengaja oleh pendidik untuk menciptakan kondisi agar peserta pendidikan melakukan kegiatan belajar
Pembelajaran dengan model inkuiri
52
Pemimpin
Orang yang memimpin
Orang yang diberi kepercayaan untuk memimpin oleh kelompoknya atau organisasinya, yang mampu melindungi dan menyampaikan aspirasi kelompoknya
Pemimpin Lembaga Swadaya Masyarakat
53
Pendekatan
Suatu proses pendekatan atau cara mendekati persoalan
Merupakan titik tolak atau sudut pandang dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam program belajar-mengajar
Pendekatan belajar
54
Pendekatan belajar
Jalan yang ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional yang telah ditentukan
Merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran , yang memudahkan guru dalam pemberian pelayanan belajar bagi siswa
Pendekatan belajar model interaktif
55
Pengamatan partisipatif
Pengamatan yang dilakukan orang dalam
Pengamatan yang dilakukan orang yang terlibat secara aktif dalam  proses pelaksanaan program
Menggunakan lembar pengamatan
56
Pengawas sekolah
Orang yang bertugas mengawasi kegiatan yang ada di sekolah
Orang yang bertugas menilai, mengawasi, memberi pembinaan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah baik yang berhubungan akademik maupun administrasi
Pengawas TK dan SD, Pengawas SMP dan SMA, SMK dan Madrasah Aliyah,dll.
57
Penilaian kelas
Kegiatan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi yang mengikuti proses pembelajaran tertentu
Suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilain, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa
Penilaian unjuk kerja, Penilaian proyek, Penilaian produk
58
Penilaian unjuk kerja
Penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan yang dilakukan peserta didik
Penilaian yang digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut siswa melakukan kegiatan
Praktik Sholat, Praktik di laboratorium
59
Perencanaan (planning)
Kegiatan dalam merencanakan sesuatu
Aktivitas memikirkan dan memilih rangkaian tindakan-tindakan yang tertuju pada tercapainya maksud-maksud dan tujuan pendidikan
Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler
60
Persepi social
Kepekaan sosial yang dimili seorang pemimpin
Kecakapan dalam melihat dan memahami perasaan, sikap dan kebutuhan anggotanya
Sukarno, presiden pertama RI dikenal memiliki rasa peduli terhadap rakyat kecil
61
Program
Rancangan mengenai asas-asas serta usaha-usaha yang akan dijalankan
Suatu unit atau kesatuan kegiatan yang merupakan realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang
Kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional di Osis Suatu Sekolah atau Organisasi Kemahasiswaan
62
Program layanan
Melayani pihak tertentu agar puas
Berusaha melayani  orang dengan baik, secara profesional dan prosedural, sehingga diharapkan pelanggan menjadi puas
Program perpustakaan, program koperasi
63
Program layanan
Program yang bergerak di bidang pelayanan
Sebuah kesatuan kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pihak tertentu, sehingga merasa puas sesuai dengan tujuan program
Perogram perpustakaan, Program koperasi
64
Program pemrosesan
Memproses bahan mentah menjadi bahan jadi
Program yang dalam kegiatan pokoknya memproses bahan mentah menjadi bahan jadi
Program pembelajaran, program kepramukaan
65
Program pemrosesan
Program yang berkaitan dengan proses kegiatan
Program yang kegiatan pokoknya mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi yang merupakan hasil dari suatu proses
Program pembelajaran, program kepramukaan
66
Proposal
Rencana kerja  dalam kegiatan
Rencana kerja yang menggambarkan semua kegiatan dengan jelas dan terperinci yang bersifat rasional atau dapat diimplementasikan di lapangan
Proposal pelaksanaan kegiatan pembuatan KTSP
67
Rancangan
rangka sesuatu yg akan dikerjakan
Sesuatu yang disusun sebelum melakukan suatu kegiatan, dengan harapan tercapainya suatu tujuan
Rancangan penilaian
68
reduksi data
menyiangi data
memilih dan memilah mana yang sesuai atau sekelompok dengan kelompok variabel atau penggolongan yang telah kita buat sebelumnya

69
Reliabilitas
Konsistensi atau keajegan hasil penilaian
Hasil penilain yang konsisten, tidak berubah-ubah, yang menjamin konsistensi
Misalnya, guru menilai suatu proyek, penilaian akan reliable jika hasil yang diperoleh cenderung sama bila proyek itu dilakukan lagi dengan kondisi yang relatif sama
70
responden
orang yang menjawab pertanyaan dalam kepentingan penelitian
orang yang menjawab suatu pertanyaan yang diajukan peneliti untuk kepentingan penelitian, hasil yang dikeluarkan bisa berupa angket, rekaman, ataupun catatan peneliti
guru, kepala sekolah, siswa
71
Socio-emotional climate approach
Pendekatan berdasarkan suasana emosi dan hubungan social
Pendekatan pengelolaan kelas berdasarkan suasana perasaan sosial dalam kelas sebagai kelompok individu cenderung pada pandangan psikologi klinis  dan konseling
Guru menyusun program kelas yang didasari hubungan manusiawi, saling menghargai dan saling menolong
72
Staff Organization
Memberi  kekuasaan pada bawahan atau staf untuk menjalankan tugas dan wewenangnya
Tipe organisasi yang memberi kekuasaan  dan tanggung jawab pada unit kerja secara bertingkat, sesuai dengan peran masing-masing
Pola kepemimpinan di  Negara-negara yang sudah maju
73
standar
ukuran
merupakan patokan/ batasan untuk menentukan suatu mutu
SNI, ISO
74
statistik deskriptif
teknik mengolah data yang tujuannya untuk melukiskan dan menganalisis
statistikjenis ini memberikan cara untuk mengurangi jumlah data ke bentuk data yang bisa diolah dan menggambarkan dengan tepat mengenai rata-rata, perbedaan, hubungan, dsb

75
Strategi
Ilmu siasat atau akal untuk mencapai suatu maksud
Ilmu aatau kepandaian yang menggunakan seluruh sumber daya untuk melaksanakan suatu kebijakan atau kegiatan-kegiatan tertentu
Strategi perang
76
Strategi belajar mengajar
Ilmu siasat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar
Suatu seni dan ilmu untuk membawakan pengajaran di kelas sedemikian rupa secara efektif dan efesien
Strategi belajar-mengajar dengan model ceramah, diskusi, Tanya jawab,dll.
77
Tabulasi data
menyusun data menjadi data tabel
merupakan coding sheet yang memudahkan peneliti dalam mengelola dan menganalisisnyayang berisikan variabel-variabel obyek dan angka-angka sebagai simbolisasi
tabulasi data kolom, tabulasi data baris
78
Technical mastery
Seorang pemimpin harus memiliki  keungulan melebihi anak buahnya
Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang luas, kesehatan yang prima, cerdas, iman yang kuat dan kesabaran yang tinggi, yang melebihi rata-rata kemampuan yang dimili anak buahnya
Rosulullah saw
79
Teori  genetis dalam kepemimpinan
Seorang dapat menjadi pemimpin karena keturunan
Seseorang akan menjadi pemimpin karena mewarisi dari orang tuanya yang jdulu juga menjadi seorang pemimpin
Di Yogyakarta, yang bisa menjadi sultan adalah keturunan sultan sebelumnya
80
Teori ekologis dalam kepemimpinan
Seorang akan menjadi pemimpin bila waktu dilahirkan sudah memiliki bakat kepemimpinan
Seorang menjadi pemimpin karena bakat, yang sebelumnya ditunjang lewat  pendidikan yang teratur dan pengalaman yang panjang
Umumnya diterapkan di Negara-negara yang sudah maju
81
Teori sosial dalam kepemimimpinan
Seseorang bisa menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan pengalaman yang cukup
Seseorang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin asalkan, sebelumnya disipkan lewat pendidikan yang sesuai dengan bidangnya dan diberi kesempatan untuk untuk mengikuti  pelatihan
Kuliah di APDN
82
Up grading
Kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan atau penataran
Suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan untuk meninggikan atau meningkatkan taraf ilmu pengetahuan atau kecakapan pada pegawai, guru-guru,  atau petugas pendidikan lainnya, sehingga keahliannya bertambah dan mendalam
SPKG, KPG
83
Validitas
Mampu mengukur apa yang diinginkan
Ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevaliditan atau kesahihan suatu instrumen
Instrumen yang memiliki validitas logis
84
Validitas
Menilai apa yang seharusnya dinilai, dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi
Penyusunan soal sebagai alat penilai perlu memperhatikan kompetensi yang diukur, menggunakan bahasa yang tidak mengandung makna ganda
Misalnya, dalam pelajaran bahasa  Indonesia, guru ingin menilai kompetensi berbicara. Penilaian menjadi valuid bila menggunakan tes lisan
85
verifikasi
pemeriksaan tentang kebenaran laporan
mencocokkan kembali data telah tercakup dalam kegiatan analisis dan penafsiran, apakah juga perlu dilakukan konfirmasi ulang pada sumber atau informan
adanya pernyataan anggota suatu partai tentang adanya korupsi pada dinas pendidikan, maka dari informasi tersebut perlu dilakukan verifikasi
86
Wawancara bebas
Wawancara yang dilakukan pewancara tanpa dikonsep terlebih dulu
Pewancara  melakukan wawancara  secara spontas tanpa menggunakan panduan dan pertanyaanpun bersifat luwes dan bisa berkembang diluar rencana semula
Wawancara secara spontan
87
Wawancara terstruktur
Wawancara yang menggunakan panduan secara tertulis
Pewancara sudah menyiapkan pertanyaan yang disusun secara sistematis, yang nantinya dibacakan di depan nara sumber untuk mendapatkan jawaban
Wawancara dengan teks yang baku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar